BREAKING NEWS

Kamis, 25 Agustus 2016

BUDAYA


Sumber: klik

kota ini adalah kota TIDORE .
Tidore adalah salah satu pulau yang di kelilingi beberapa pulau di wilayah timur. Tidore ini juga bisa di lihat pulaunya melalui uang seribu rupiah. Yang mempunyai banyak budaya.. Masyarakat di sana pun sangat antusias.
Pulau tidore atau yang sekarang di sebut kota tidore ini sangat menjaga kekayaan alam nya ,contoh kekayaan alam yang paling di jaga adalah laut, masyarakat di kota ini sangat menjaga kebersihan lautnya karena laut ini menjadi salah satu mata pencaharian utama mereka.
Di tidore masih memiliki suku asli nya sendiri yaitu suku BOBO . suku BOBO ini memiliki persamaan dengan suku papua mulai dari kulit,rambut,sampai bahasa. Persamaan di sini bukan dalam arti yang sama persis, tapi perbedaannya sangat tipis. Penduduk asli kota ini juga mengikuti perkembangan zaman tapi tidak melupakkan adat atau tradisi-tradisi dari leluhur mereka . di kota tidore ini sangat banyak adat dan tradisi mereka yaitu tradisi :

Niat Kesultanan di antaranya puji-pujian (suba) :

-         - Suba Kie Se Atowan, atau Sembah puji kerajaan
-         - Suba Tawara, atau Sembah memohon diri :
-Upacara Lufukie (Keliling Pulau Tidore) adalah upacara ini di iringi dengan kora-kora (junoa) dari Semangaji Segi Marahaha berjumlah 12 buah kora-kora.

Jojaru ( perempuan beranjak Remaja)

Seperti tradisi-tradisi ketika mau menikah, laki-laki dan wanita di pingit sampai hari pernikahan, tapi di sini apabila seorang anak perempuan yang baru menginjak remaja (Menstruasi)  maka anak perempuan ini akan di pingit selama 9 hari tidak bisa keluar rumah dan mendapat sinar matahari langsung. Dan kegiatannya selama di pingit adalah memakai bermacam ramuan tradisional seperti bedak-bedak buatan para tetua yang di oleskan kesekujur tubuh, berguna untuk kecantikan alami perempuan itu.

Pernikahan

-         - Jako Seruko ( hantaran)
-        -  Lahi ( Peminangan)
-        -  Fowu Saro ( Suguhan Makanan Untuk Pengantin) 

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Tidore Tour Malang

Powered by Themes24x7

Powered by themekiller.com